Rabu, 26 Desember 2012

Puluhan Taman di Jakut Tergenang


Jakarta-Tingginya intensitas hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, membuat sekitar 30 taman di wilayah Jakarta Utara tergenang banjir hingga ketinggian 15 sentimeter. Akibatnya, kondisi taman menjadi terlihat becek, kotor hingga menyebabkan kerusakan pada rumput. Untuk mengatasinya, Sudin Pertamanan Kota Administrasi Jakarta Utara berencana meninggikan permukaan taman-taman yang terendam itu dari 30 sentimeter hingga 1 meter serta membuat puluhan ribu lubang biopori untuk menampung air hujan. 

Kepala Sudin Pertamanan Jakarta Utara, Heru Bambang Ermanto mengatakan, tergenangnya taman-taman di wilayah Jakarta Utara disebabkan intensitas hujan yang tinggi serta posisi taman yang lebih rendah dibandingkan posisi jalan. "Ada sekitar 20 hingga 30 taman yang tergenang. Kami usahakan secara bertahap membuat puluhan ribu lubang biopori untuk menampung debit air hujan, dan juga kami programkan peninggian taman sekitar 30 sentimeter hingga 1 meter agar taman tidak tergenang. Rencananya, Maret 2013 akan ditinggikan," ujar Heru, Rabu (26/12).

Dikatakan Heru, sejumlah taman yang saat ini terendam, diantaranya yakni Taman Toar (Koja), Taman Griya Lestari (Cilincing), Taman Volker (Tanjungpriok), Taman RW 12 Kelurahan Tuguutara, Taman Enim (Koja), Taman Enggano (Tanjungpriok), Taman Rawabadak Utara, dan Taman Melur (Koja). "Semua taman tersebut tersebar merata di enam kecamatan yang ada di Jakarta Utara," katanya.

Secara keseluruhan, kata Heru, di Jakarta Utara terdapat sebanyak 153 taman. Dari jumlah itu, 95 taman telah dilakukan perawatan rutin dan terdapat 58 taman yang belum terpelihara secara rutin.

( Sumber : Berita Jakarta.com )

Teks Foto : Taman RBU Jakarta Utara yang tergenang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar