Kamis, 17 Januari 2013

10 Ribu Nasi Bungkus Bagi Korban Banjir


Jakarta-Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menyiapkan sebanyak 10 ribu nasi bungkus bagi korban banjir di enam kecamatan di wilayah Jakarta Utara.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Tri Kurniadi, seusai menijau lokasi genanganan air, Kamis (17 Januari 2013), menuturkan setelah kemarin Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara membagikan nasi bungkus siap saji, sebanyak 1400 bungkus bagi warga Kapuk Muara yang terkena banjir rob, Minggu hingga hari ini, saat ini kami juga telah menyiapakan 10 ribu nasi bungkus bagi korban banjir yang tersebar di enam kecamatan di wilayah Jakarta Utara.

Ini kami lakukan sebagai tanggung jawab Pemerintah Jakarta Utara untuk meringakan beban saudara kami, dan ini juga sebagai bagian dari tanggap darurat. 

“bantuan ini mungkin tak seberapa, namun dengan bantuan ini bisa sedikit meringakan saudara kami, dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan” terang Tri Kurniadi didampingi Kasudin Sosial, Ika Lestari Adji.

Nasi bungkus siap saji tersebut, masih kata Tri, kami kirimkan ke lingkungan warga Jakarta Utara yang tergenang banjir. Ini telah kami lakukan di RW 01, 03 dan 05 Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan itu juga, Tri Kurniadi, juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan untuk keselamatan, seperti listrik, apabila terjadi peamadam listrik oleh PLN, warga yang menggunakan pencahayaan lain, contohnya lilin, agar waspada, pastikan lilin ditempatkan di tempat yang aman agar terhindar dari bahaya kebakaran.

Selain itu, jika merasa sakit akibat genangan air untuk secepatnya memeriksakan kesehatan ke balai kesehatan terdekat seperti puskesmas. Serta tidak membuang sampah di kali atau sungai.

“Warga yang memeriksa kesehatan akibat adanya genangang air, pada hari ini berjumlah 650 orang, “ tambah Tri Kurniadi.

Sementara itu, Ika Lestari Adji, menambahkan Dapur Umum yang berlokasi di Gedung Parkir Kantor Walikota Jakarta Utara, dengan anggota 50 orang yang merupakan relawan tagana terlatih, dibantu aparat Satpol PP menyiapkan makanan dan mengantar makanan tersebut ke wilayah atau kantong-kantong pengungsian atau rukun warga (RW) yang rumahnya tergenang.

Untuk lokasi pengiriman nasi bungkus siap saji di enam kecamatan yang ada di Jakarta Utara, terang Ika Lestari Adji, yaitu di Kapuk Muara, sejak kemarin hingga sekarang tetap dikirim, untuk hari ini kami telah mengirimkan sebanyak 2500 nasi bungkus siap saji bagi warga.

Selain dilokasi tersebut, masih di wilayah Kecamatan Penjaringan, kami juga mengirimkan nasi bungkus siap saji ke wilayah Kampung Gusti, Pejagalan sebanyak 1500 bungkus, dan Kamal Muara, serta bagi warga Rusun Muara Baru, Penjaringan sebanyak 750 nasi bungkus.

Di  Kecamatan Cilincing  sebanyak 1200 nasi bungkus, bagi warga korban banjir di Kelurahan Semper Timur, Marunda dan Sukapura.

Untuk Kecamatan Tanjung Priok, diberikan bagi warga Sungai Bambu, Sunter Jaya di RW 01,03,09, 10 dan 11, Keluarahan Warakas di RW 05, Kelurahan Papanggo di RW 05, dan Kelurahan Kebon Bawang di RW 08, serta bagi warga Kelurahan Tanjung Priok.

Kecamatan Koja, bagi warga yang wilkayahnya tergenanag, diantaranya Lagoa, Tugu Selatan, Tugu Utara, serta Rawa Badak Utara. Kecamatan Pademangan, diberikan di Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan Timur dan Ancol.

Bagi pihak swasta maupun darmawan, yang ingin membantu saudara kita yang terkena banjir, kami menghimbau agar bantuan tersebut dapat disalurkan kepada kami, agar bantuan tersebut bisa tepat sasaran, terang Ika Lestari Adji.

( Amin Hidayat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar