Selasa, 29 Januari 2013

600 Orang Bergabung Di KJK PEMK Lagoa



Jakarta-Keberadaan koperasi Jasa Keuangan Program Ekonomi Mikro Keuangan (KJK PEMK) yang merupakan program andalan pemerintah DKI Jakarta, untuk membantu permodalan dalam pengembangan usaha mikro yang telah ada, dalam hal ini telah di rasakan manfaatnya. Salah satu buktinya dengan terus bertambahnya anggota masyarakat yang bergabung di KJK PEMK.

Menurut Hasanuddin, Ketua KJK PEMK Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, menjelaskan sampai saat ini jumlah anggota kami telah mencapai 600 orang yang telah memiliki usaha mikro. Adapun masyarakat  yang bergabung menjadi anggota koperasi paling banyak berasal dari RW 01 dan 03.

Banyaknya  anggota masyarakat yang berasal dari dua RW tersebut sebagai anggota, karena letak kedua RW tersebut berdekatan dengan pasar, dimana kebanyakan adalah mereka yang mempunyai usaha dagang warung. Untuk besarnya pinjaman yang diajukan oleh anggota KJK PEMK kepada kami yaitu, batas minimum sebesar Rp 1 juta dan maksimal 5 juta, kata Hasanudin, saat di temui diruang kerjanya, Selasa (29/01/2013). 

Dalam hal penguliran dana yang berasal dari UPDB DKI Jakarta, terang Hasanuddin, saat ini kami telah melaksanakan penguliran sebanyak 6 kali, dan pada akhir Maret tahun ini, kami berencana akan melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) ke-3, yang direncanakan bertempat di Kantor Kelurahan. Dalam kegiatan RAT tersebut, kami juga akan melaksanakan melaksankan pemilihan pengurus KJK PEMK Lagoa, dimana pengurus yang lama akan berakhir pada bulan Maret tahun ini, untuk itu kami melaksankan pemilihan pengurus baru.    

Dalam kesempatan ini, kami berharap agar UPDB dapat kembali mengucurkan dana bina ekonomi, mengingat keberadaan bina ekonomi tersebut telah banyak membantu masyarakat yang mempunyai usaha mikro ekonomi  dalam pengembangan usaha mikronya. 

Kami selalu mengingatkan kepada peminjam, bahwa dana bina ekonomi bukanlah dana hibah, dana ini wajib dikembalikan untuk selanjutnya dimanfaatkan kembali oleh masyarakat  yang telah mempunyai usaha mikro ekonomi untuk mengembangkan usaha, yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat hidup masyarakat, tambah Hasanudin.   

( Amin Hidayat )

Teks Foto : Hasanuddin, Ketua KJK PEMK Lagoa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar