Kamis, 03 Januari 2013

Inovasi Pelayanan Bagi Warga Di Kelurahan Cilincing


Jakarta-Sebagai tindak lanjut dari program Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono,  berkaitan dengan lomba inovasi bagi aparat kelurahan dan kecamatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini di Kelurahan Cilincing Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara, telah melaksanakan inovasi untuk memberikan pelayanan maksimal bagi warga.

Lurah Cilincing Purnomo, saat di hubungi di ruang kerjanya, Kamis (03/01/2013), menjelaskan inovasi yang telah kami lakukan diantaranya, dengan membuat dua spanduk yang saya tempatkan di lantai 1 sebelum masuk ke kantor kelurahan. 

Spanduk tersebut, masih kata Purnomo, spanduk pertama berisi  selamat  datang di Kantor Kelurahan Cilincing, serta satu spanduk berisi nomor telpon saya dan sekretaris kelurahan yang bisa langsung di akses oleh warga, serta menempatkan satu kotak saran bagi warga untuk menyampaikan informasi, kritik, saran guna memaksimalkan pelayanan kepada warga. 

Selain itu juga, masih dilantai 1 kami tempatkan satu unit televisi serta pemasangan pendingin ruangan, untuk memberikan kenyaman kepada warga, serta menempatkan air minum yang bisa langsung dxinikmati oleh warga saat berkunjung dikantor kelurahan. Disampingi itu juga saat ini kami juga menempatkan permainan anak, yang letaknya dilantai satu. 

“Permainan tersebut bisa dimainkanoleh orang tua yang membawa anakanya saat berkunjung, atau menunggu giliran mendapatkan pelayan dari petugas kami ,” kata Purnomo. 

Terkait untuk mendorong inovasi dan kreasi para camat dan lurah di Jakarta utara, Walikota Jakarta Utara  Bambang Sugiyono telah mengumpulkan para Lurah, Wakil Lurah dan sekretaris kelurahan,di kantor Walikota, beberapa waktu lalu.  

Dikatakan oleh Bambang Sugiyono, lomba ini dilakukan sebagai upaya memberikan motivasi dan apresiasi bagi para camat serta lurah dan jajarannya dalam melaksanakan tugasnya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Lomba pelayanan ini tentunya bukan semata mata loketnya yang bagus dan indah, tetapi lebih diutamakan bagai mana memberikan kepuasan terhadap yang dilayani dalam mengurus surat - surat.
“Yang melayani itu ceria, ramah, bahkan membuat senang kepada yang  datang mengurus surat – surat ke kelurahan maupun kecamatan,”kata Bambang Sugiyono.

Dalam kesempatan itu juga Bambang turut memberikan contoh,  ada lurah yang memberikan penghargaan kepada warganya yang bila memberikan informasi dan bukti bahwa ada petugas yang main mata atau pungli.

( Amin Hidayat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar