Minggu, 27 Januari 2013

Pasca Banjir, Pemkot Jakut Gelar Sapu Jagat


Jakarta-Banjir yang melanda di sebagian Jakarta Utara termasuk di kawasan Pluit  kecamatan  Penjaringan Jakarta Utara berangsur – angsur  surut,  hal ini mengakibatkan  lingkungannya juga dibanjiri sampah maupun lumpur  yang berserakan dimana – mana, kata Walikota Jakarta Utara, H.Bambang Sugiyono saat memberikan  sambutan pada apel  Opersi Sapu jagat sebelum melakukan bersih – bersih di halaman kantor kecamatan penjaringan,  Minggu (27/1/2013).

Kegiatan bersih – bersih sapujagat  lanjut Walikota Jakut,  melibatkan seribu  (1000)  personil dari berbagai instansi , masyarakat maupun organisasi masyarakat  ikut membersihkan lingkungan termasuk di Kawasan Pluit Penjaringan.


Instansi dan masyarakat antara lain ,  Anggota  TNI,  Polri, Satpol PP, Sudin Kesehatan, Sudin Kebersihan, Pemadam Kebakaran dan bencana  , Sudin PU Air, PU Jalan,  serta instansi terkait lainnya , organisasi Masyarakat dan organisasi pemuda, terang Walikota.


Sebelum melakukan kerja bakti, Walikota Jakarta Utara memimpin apel bersama dengan Satpol PP dan petugas kebersihan, di halaman kantor kecamatan Penjaringan Jakarta Utara yang di dampingi Camat Penjaringan Rusdiyanto serta  para pimpinan unit terkait.

Dalam apel singkatnya walikota Bambang Sugiyono mengungkapkan, dalam sosialisasi pasca banjir ini kita akan melakukan operasi sapu jagat, dengan membersihkan dan mengangkat sampah yang berserakan di jalanan, taman, maupun  sampah rumah tangga yang berceceran  pasca banjir.

Karena apabila sampah tidak langsung di bersihkan  dan dibuang,  nantinya  sampah semakin menumpuk  dan akan mengakibatkan wabah penyakit  yang akan menimpa warga sekitar, oleh sebab itu para petugas atau tim sapu jagat ini harus benar – benar bekerja, bkegiatan bersih – bersih sapujagat ini bukan hanya  asal – asalan saja, tetapi harus benar – benar dilakukan saat dilapangan, tegasnya.

Langkah – langkah yang dilakukan dilapangan harus terpadu, seperti truk sampah, penyemprotan lumpur oleh  mobil Pemadam ,  Lisolisasi dengan mobil tangki milik Pertamanan, pembersihan sampah dilakukan secara bersama – sama oleh  anggota masyarakat, TNI , Petugas dari Pemkota Jakut, serta organisasi masyarakat lainnya.

Selain  itu, Walikota juga menyemprotkan cairan desinfektan/ pembunuh kuman atau lebih dikenal  Lysolisasi di Jalan Pluit Utara dan sejumlah ljalan lainnya yan g diteruskan oleh petyugas dari Sudin Kesehatan dengan menggunakan truk Pertamanan.

Bersih – bersih sapu jagat  pasca banjir ini  sampah pasca banjir yang telah terangkut mencapai 2.000 M3 termasuk hari ini  telah  mengangkut 400 M3 di Jakrta Utara, dengan melibatkan 20 truk , terdiri dari 15 truk tronton, 3 truk tiper  kecil dan 2 truk tiper kecil , ujar Zaenal Plt. SudIn Kebersihan Jakut .

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Bambang Sugiyono yang didampingi Komandan Kodim 0502 Letkol inf. Asep Abdurachman , Camat Penjaringan Rusdiyanto,  serta Danramil Penjaringan Kapt Permana.

  “ Banjir yang menggenangi rumah kami hampir setinggi badan saya pak, dan barang-barang kami tidak dapat di gunakan lagi karena sudah terendam air akibat banjir “ ujar Ketua RW 15, Sia Liong Hok  atau yang biasa dipanggil Ahok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar