Rabu, 06 Februari 2013

Cetak Agen RW Binaan, PT. ADM Latih Ibu-Ibu PKK



Jakarta-Untuk mencetak agent yang dapat membawa Rukun Warga (RW) menjadi RW Mandiri, PT. Astra Daihatsu Motor ( ADM ), mengadakan pelatihan bagi 100 kader PKK di 2 RW Binaannya, yaitu RW 08 Kelurahan Sungai Bambu dan RW 02 Kelurahan Papanggo Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, di ADM Technical Training Center, Jalan Gaya Motor Barat No.2 Sunter, Jakarta Utara, Rabu (06/02/2013). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Ny. Naniek Bambang Sugiyono, didampingi Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Jakarta Utara, Irene. Serta Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kota Administrasi Jakarta Utara, Zamrud Paudi.

Sedangkan sebagai pembicara, ADM mengundang Dewi Setyowati, S.H, MSi dari PKK Jakarta Utara. Materi yang disampaikan adalah motivasi para Kader PKK untuk aktif melakukan program-program yang mendukung kesejahteraan masyarakat di RW masing-masing. Kader PKK juga dihimbau untuk selalu tertib administrasi dalam semua kegiatan yang dilakukan karena itu juga merupakan faktor penentu kesuksesan sebuah program.

Selain materi dari PKK Jakut, kedepannya para kader juga akan dibekali materi 'Gugus Kendali Mutu' atau biasa disebut QCC (Quality Control Circle) dari ADM. Materi berisi metode bagaimana menganalisis akar masalah, mencari penyebabnya dan menemukan solusi. Materi semacam ini diberikan supaya para kader menjadi jeli dalam menghadapi kendala-kendala yang mungkin muncul dalam lingkungan bermasyarakat sehari-hari. Penyampaian materi QCC akan diberikan secara berkala kepada seluruh kader PKK sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.


RW Mandiri sendiri merupakan salah satu program CSR unggulan ADM sejak tahun 2011. Namun pada waktu itu hanya 1 RW yang menjadi fokus ADM yaitu RW 04 Kelurahan Sungai Bambu. Sejak tahun 2012, program RW Mandiri terus berkembang. Sekarang sudah ada 3 RW Binaan Daihatsu yang nantinya diharapkan menjadi mandiri. Ketiga RW tersebut adalah RW 04 Kel. Sungai Bambu, RW 08 Kel.Sungai Bambu dan RW 02 Kel. Papanggo. Untuk menuju mandiri, salah satu peran penting dipegang oleh PKK, karena lewat ibu-ibu kader inilah program-program dapat berjalan.

Ketua TP PKK Jakarta Utara, Naniek Bambang Sugiyono dalam kesempatan itu menyatakan,  bahwa PKK harus senantiasa aktif, utamanya dalam 10 program PKK yang sudah dicanangkan. “Hal-hal yang paling mendasar seperti kebersihan lingkungan, kesehatan ibu dan anak, tata laksana rumah tangga sudah harus dilakukan sebagai kebiasaan kita sehari-hari, dan diharapakan PKK selalu memberikan kontribusi yang positif untuk Jakarta yang lebih baik lagi yaitu Jakarta Baru”, ungkap Nanik menutup sambutannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar