Kamis, 28 Maret 2013

St 2103 Siap Dilaksanakan Di Wilayah Jakarta Utara

Jakarta-Untuk mendapatkan data seluruh usaha pertanian di subsektor tanaman pangan, holtikultura (sayuran, buah-buahan, tanaman hias, dan tanaman obat), peternakan, perkebunan, perikanan, dan kehutanan, baik pada rumah tangga, perusahaan, pesantren / seminari, lembaga permasyarakatan, barak militer, dan kelompok usaha bersama. Badan Pusat Statistik Nasional Republik Indonesia melalui BPS DKI Jakarta dan BPS Jakarta Utara akan melaksanakan Sensus Pertanian  2103 ( St 2013 ). Adapun pembukaan dan pengenalan kegiatan seremonial St 2013 tersebut telah dilaksanakan pada hari Kamis (28/03/2013) dan dibuka oleh Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Yuliadi, di Ruang Fatahillah Lantai II, Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (28/03/2013).

Kepala BPS Jakarta Utara, Numan Gaol, menuturkan tujuan dari St 2013 adalah untuk mendapatkan data statistik yang lengkap dan akurat, guna memperoleh informasi antara lain, populasi rmt usaha pertanian (per subsektor), jumlah petani gurem, jumlah rmt usaha pertanian, serta medapatkan kerangka sampel (sampling frame) sebagai landasan pengambilan sampel survei sektor pertanian pada waktu yad.

Untuk waktu pelaksanaannya, pada tanggal 1-31 Mei 2013, dimana petugas akan mendtangi seluruh usaha pertanian dan tempat tinggal pelaku usaha pertanian guna melaksanakan pendataan dengan menggunakan kuesioner, dimana dalam kegiatan St 2013, pendataan dilaksankaan di 1/3 wilayah Jakarta Utara, terang Numan Gaol.

Data yang dikumpulkan, yakni identitas dan lokasi rumah tangga pertanian, jenis kelamin dan umur kepala rumah tangga pertanian/petani, jumlah anggota rumah tangga pertanian, luas lahan yang dikuasai dan digunakan menurut jenis lahan menurut irigasi, jenis tanaman semusim, jenis tanaman tahunan, jumlah ternak yang dikuasai rumah tangga pertanian menurut jenis ternak, perikanan budidaya diantaranya jenis budidaya, jenis dan luas wadah, perikanan tangkapan diantaranya, lokasi, sarana, dan alat tangkap utama. Sedangkan kehutanan diantaranya jenis tanaman, dan banyaknya bibit, serta kegiatan pertanian lainnya ( jasa pertanian, dan penagkaran), tambah Numan Gaol.  

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Yuliadi, dalam kesempatan tersebut berharap agar Camat dan Lurah dapat membantu petugas, dengan cara menyampaikan hal itu kepada para Ketua Rukun Warga ( RW ) dan Rukun Tetangga ( RT ). Disampingi itu juga berharao, agar petugas juga dapat memasang spanduk yang bersi kegiatan tersebut.

"Kami siap membantu dan menyukseskan kegiatan ini. Dimana data St 2013 ini adalah data yang dihimpun oleh BPS Pusat untuk dilaporkan kepada Pesiden RI untuk suksesnya dan berkesinambungannya pembangunan di Repubik Indonesia," terang Muhammad Yuliadi.

( Amin Hidayat )   


Teks foto : Kepala BPS Jakarta Utara, Numan Gaol memberikan penjelasan tentang kegiatan St 2013       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar