Senin, 29 April 2013

May Day, Jakut Siapkan Berbagai Hiburan Bagi Buruh


Jakarta-Dalam perayaan May day atau Hari Buruh 1 Mei, agar perayaan tersebut berjalan menyenangkan, Kota Administrasi Jakarta Utara memiliki cara tersendiri.

Bambang menyebutkan, pihaknya akan menyediakan hiburan bagi para buruh. Selain itu, para buruh juga dapat menikmati potongan harga 50% ketika masuk tempat hiburan Jaya Ancol.

"Di Ancol buruh tinggal tunjukkan ID-nya saja untuk masuk," kata Bambang Sugiyono, didampingi Kepala Kepolisian Resor Jakut Komisaris Besar Muhammad Iqbal, seusai  acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Peringatan Hari Buruh Dunia, di Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (26/4/2013) lalu.

Selain itu, lanjut Bambang, sejumlah acara hiburan untuk para buruh akan disiapkan. Sejumlah souvenir pun akan diberikan untuk menyemarakkan jalannya acara hiburan tersebut.

"Kalau mereka demo ya monggo, hari buruh bukan hari demo tapi suka cita. Kami akan gelar panggung hiburan dengan menghadirkan penampilan hiburan musik. Selain itu, nanti juga akan ada doorprize dan souvenir untuk para buruh yang hadir. Salah satunya seperti motor dan barang-barang lainnya," jelas Bambang.

Bambang menyebutkan, hiburan itu akan berada pada 3 titik. Yaitu Ancol, Stadion Rawa Badak, dan KBN (Kawasan Berikat Nusantara) Cakung.

"Di panggung itu, kami juga mempersilakan para buruh untuk berorasi. Saya juga berharap, ini dapat memberi kebahagiaan kepada buruh," tukas Bambang

Sementara itu, pada May Day yang akan digelar 1 Mei nanti, Kepolisian Resor Jakarta Utara akan menerjunkan sekitar 1.200 anggota untuk pengamanan. Sedangkan titik pengamanan akan diurai mulai dari obyek vital di sebelah utara.

"Menurunkan hampir 1.200 pasukan dari utara. Kita akan lakukan penjagaan obyek vital di perusahaan dan jalan tol," kata Kepala Kepolisian Resor Jakut Komisaris Besar Muhammad Iqbal, Jumat (26/4/2013) lalu.

Ia menambahkan, sebelumnya sudah mengadakan kegiatan pra-May Day. Mereka mengundang koordinator aksi, khususnya yang akan bergerak dari Jakarta Utara. "Namun sebelum lakukan penjagaan kita pra May Day koordinasi dengan korlap," tambahnya.

Menurut Iqbal untuk pengalihan arus sifatnya masih situasional. Seperti untuk di Pos 9 Pelabuhan Tanjungpriok, yang rencananya ada satu serikat pekerja yang akan berunjuk rasa di tempat itu.

"Nanti kami lihat kondisinya untuk pengalihan arus, karena sampai saat ini, baru 1 titik saja yang akan digelar aksi demo yaitu di Pos 9 Pelabuhan Tanjungpriok, selebihnya akan menuju ke Jakarta Pusat," imbuh Iqbal.

Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans) Jakut menyebutkan di wilayahnya terdapat 80.000 buruh, 6.000 perusahaan, dan 1.085 Pimpinan Unit Kerja (PUK).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar