Senin, 10 Juni 2013

Setelah Sembar, Kelurahan Cilincing Luncurkan SMS Gateway

SMS Gateway Kel.Cilincing telah beroperasi
Jakarta-Setelah Kelurahan Semper Barat ( Sembar ) Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara menerapkan short messages service (SMS) Gateway sebagai pusat informasi kepada warga. Kali ini, SMS Gateway juga diluncurkan oleh Kelurahan Cilincing Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara.

Lurah Cilincing Purnomo mengatakan dengan adanya SMS Gateway ini, diharapkan menjadi forum komunikasi antara pemerintah kelurahan dengan warganya.

SMS gateway, masih kata Purnomo, merupakan sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima SMS yang dapat meningkatkan pelayanan pemberian informasi sesuai kebutuhan warga dengan cepat, dan akurat di manapun pengguna informasi berada. "

Dengan diluncurkannya SMS gateway ini akan menjadi forum komunikasi antara pemerintah kelurahan dengan warga. Dari pihak kelurahan bisa memberikan informasi ke warga, dan sebaliknya. Selain itu, warga juga bisa meminta informasi kepada kelurahan," ujar Purnomo, Senin (10/06/2013).

Dikatakan Pirnomo, dalam SMS gateway, pihak kelurahan bisa langsung memberikan informasi, kegiatan, atau undangan, melalui SMS secara serentak kepada pihak-pihak terkait seperti ke Ketua RT, RW, LMK, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Kader PKK, Kader Posyandu, dan Kader Jumantik, bahkan Pejabat Walikota Jakarta Utara.

"Warga juga bisa minta informasi untuk keperluan administrasi, misalnya untuk keyword KTP, bisa diketahui persyaratan pembuatan KTP baru dan perpanjangannya, keyword KK untuk mengetahui persyaratan pembuatan KK, dan keyword Akta untuk mengetahui syarat pembuatan pengantar akta kelahiran," ujarnya.

Selain itu, lanjut Purnomo, SMS gateway juga bisa dijadikan polling penilaian masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah kelurahan terhadap masyarakat. Dengan mengetik SMS POLLING SM untuk sangat memuaskan, M untuk memuaskan, dan K untuk kurang memuaskan.

Bahkan, warga juga bisa memberikan kritikan atau masukan kepada pemerintah kelurahan melalui SMS gateway tersebut. "SMS Gateway pada nomor 083876368001, untuk tarifnya adalah tarif SMS normal pada masing-masing provider. Pelayanan SMS gateway ini sudah bisa digunakan sejak Senin (10/06/2013)," ucapnya.

Ditambahkannya, bagi warga yang ingin mendaftar untuk bisa menerima SMS informasi dari kelurahan cukup mendaftarkan nomor teleponnya ke nomor SMS gateway tersebut dengan mengirim identitas diri dan permohonan untuk menerima SMS informasi kelurahan. Atau, bisa langsung daftar ke kantor Kelurahan Cilincing.

( Amin Hidayat )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar