Selasa, 29 April 2014

Tingkat Kota Nilai Kinerja Dua Kelurahan


Jakarta-Sebanyak dua kelurahan, pada hari ini, Selasa ( 29/04/2014), dinilai oleh tingkat kota Jakarta Utara ( Jakut ), dalam lomba kelurahan. Adapun dua kelurahan tersebut, yakni Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, dan Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakut.
Seketaris Kota ( Sekko ) Jakut, Junaedi menuturkan, sebelum melaksanakan penilaian dalam lomba kelurahan di dua kelurahan yang dilaksanakan pada hari ini.

Dimana sebelumnya, tingkat kota yang berasal dari perwakilan SKPD dan UKPD di wilayah Jakut  juga telah melaksanakan penilaian di dua keluarahan, yakni Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, dan Kelurahan Pademangan Timur Kecamatan Pademangan.
“Perlombaan merupakan suatu evaluasi pembangunan atas usaha pemerintah bersama masyarakat kelurahan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan kelurahan selama dua tahun terakhir, yakni 2012 dan 2013, “kata Junaedi, didampingi Kepala KPMP Jakut, Hj. Lely Mochtar, di Kantor Kelurahan Sukapura.

Ditambahkan, Lely Mochtar, perlombaan kelurahan tersebut dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan nasional.
Lely berharap, kelurahan yang menjadi juara dalam lomba kelurahan terbaik tingkat kecamatan dapat menunjukan kepada tim juri tingkat kota bahwa memang benar-benar yang terbaik.

Dalam lomba kelurahan ada 13 indikator, diantaranya,  Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan dan Kelurahan, Lembaga Kemasyarakatan serta Kesejahteraan Keluarga/ PKK.
Sementara itu, Lurah Sukapura, Muhammad Andri, menjelaskan luas wilayah Kelurahan Sukapura sebesar 561, 4 Ha. Dengan motto kelurahan yaitu, melayani dengan kemampuan yang terbaik untuk masyarakat.
Upaya pendidikan yang kami lakukan, slaah satunya dalam hal meningkatkan pendidikan anak sejak usia dini dengan mendirikan Bina Keluarga Balita (BKB) Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) pada kelompok PKK RW. Bekerja sama dengan pihak swasta untuk bantuan biaya belajar bagi siswa kurang mampu yaitu PT. Komatsu dan PT. KBN. Serta, bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengupayakan pendidikan luar sekolah
Sedangkan, upaya peningkatan partispasi masyarakat, dilaksanakan dengan penggerakan masyarakat untuk meningkatkan kebersihan dan penghijauan lingkungan. Musyawarah perencanaan pembangunan dan rembug RW. Pertemuan bulanan rutin RW. Peningkatan peran Lembaga Musyawarah Kelurahan ( LMK ). Serta, penggerakan karang taruna untuk berperan di masyarakat. Penyelenggaraan Posyandu.
Selain itu, ada juga pemberian dana stimulan melalui PPMK dan PNPM Mandiri Perkotaan. Pemberian rewartd pengumpul zakat infaq shadaqoh terbanyak di tingkat RT. Peningkatan swdaya masyarakat untuk pembangunan, dan pembentukan kelompok siaga bencana ( KSB ) Kelurahan Sukapura, terang Muhammad Andri.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar