Jumat, 27 Juni 2014

Perangi DBD, Pemkot Jakut Gencarkan PSN


Jakarta-Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara terus menggencarkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Ini dilakukan untuk memberantas penyakit demam beradarah dengue (DBD).

Guna melihat dari dekat gerakan PSN di kelurahan, sekaligus mencari solusi yang kerap dialami saat PSN, pada hari ini, Jumat ( 27/06/2014), jajaran Pemerintah Kota ( Pemkot ) Jakarta Utara ( Jakut ) turun memonitoring gerak PSN di RW 01 Kelurahan Rawa Badak Selatan Kecamatan Koja, RW 04 Kelurahan Tanjung Priok Kecamatan Tanjung Priok, serta RW 07 Kelurahan Semper Kecamatan Cilincing.

Septelina Purba, Kepala Bagian ( Kabag ) Kesejahteraan Sosial ( Kessos ) Pemkot Jakut, menuturkan, kegiatan PSN yang dilakukan minimal tiap Jumat pagi karena nyamuk mulai dewasa membutuhkan waktu satu minggu.

“Jika ada nyamuk yang menetas belum sempat menggigit manusia jadi belum sempat memakan korban. Kalau tidak kita berantas nyamuk dapat hidup selama satu bulan, jadi berapa banyak korban nantinya,”kata Septelina, di RW 01, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara.
 
Disamping itu, masih kata Septelina, kunjungan yang dilakukan oleh jajaran Pemkot Jakut ini juga dimaksudkan untuk memotifasi masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk agar wilayahnya tidak ada lagi yang terjangkit demam berdarah," tutur Septelina .

Dalam melakukan PSN, rombongan Pemkot Jakarta Utara dibantu oleh kader jumantik. Para kader jumantik ini bekerja secara sukarela untuk memberantas sarang nyamuk.


Selain fokus pada PSN setiap Jumat pagi, kegiatan bersih-bersih juga harus dilakukan setiap hari. Tujuannya agar wabah demam berdarah bisa dicegah sejak dini" ujar Septelina.

Mekanismenya kata Septelina, kegiatan PSN meski dilaksanakan oleh setiap RW secara bergantian, dan puncaknya setiap Jumat pagi tetap dilaksanakan.

"Kalau masyarakat sudah sadar pentingnya PSN maka bahaya penyakit terhindar" tuturnya

Sementara itu, dalam kegiatan PSN di RW 07 Kelurahan Semper Barat, Mochammad Iqbal, Lurah Semper Barat menuturkan,   dalam kegiatan PSN selain menjaga kesehatan warga, lewat kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai ajang silahturahmi.

"Kegiatan ini PSN rutin dilaksakan tiap Jumat pagi," kata Mochammad Iqbal.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar