Senin, 29 September 2014

Cek Fisik Hewan sebelum Dikurbankan



Jakarta-Pemerintah Kota (Pemkot)  Jakarta Utara mulai sibuk turun tangan untuk mengecek kesiapan hewan kurban menjelang Idul Adha. Belasan petugas Suku Dinas (Sudin) Peternakan, Perikanan dan Kelautan (P2K) Jakut diperintahkan memeriksa hewan-hewan yang di jajakan di 57 lokasi tempat penampungan hewan kurban (TPnHK). 

Kasudin P2K Jakarta Utara, Sri Haryati, dalam pemeriksaan tersebut petugas menyisir 57 lokasi TPnHK. Dilokasi itu petugas mengecek satu persatu hewan yang di jual ke warga. Antara lain, memeriksa fisik, pengambilan sampel darah, hingga cek suhu tubuh. Petugas juga memberikan tambahan vitamin kepada hewa-hewan. 

Sri Haryati menjelaskan, pemeriksaan kesehatan itu dilakukan untuk memastikan bahwa hewan benar-benar siap untuk dikonsumsi. 

“Hewan harus sehat, kalau nggak sehat, itu nggak baik buat jadi kurban,”kata Sri Haryati. 

Dia mengatakan, saat musim Lebaran Haji, konsumsi daging warga Jakarta sangat tinggi. Suguhan di setiap rumah di dominasi makanan dari olahan daging. 

Selain memeriksa kesehatan hewan, petugas memeriksa kelengkapan surat keterangan sehat dari dinas peternakan asal hewan tersebut. Hewan kurban yang diperiksa oleh tim medis sebanyak 3419 ekor. Sapi 1315 ekor, kambing 1926 dan domba 121 ekor. 

“Kondisi kesehatan hewan kurban baik dan tidak ditemukan penyakit,”kata Sri. 

Selanjunya, jajaran Sudin P2K Jakarta Utara terus melakukan monitoring hewan kurban di sejumlah titik penjualan             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar