Senin, 29 September 2014

Jakut Siap Bangun 3 Rumah Pompa Baru

Wagiman di Rumah Pompa
Jakarta-Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melalui Suku Dinas PU Tata Air berencana tahun depan akan membangun 3 rumah pompa baru untuk untuk mengantisipasi terjadinya genangan di wilayah Kelapa Gading. 
Ketiga rumah pompa tersebut rencananya akan dibangun di ujung Kali Betik di wilayah Kampung Kandang, saluran penghubung (PHB) Artha Gading, dan di Kali Mati pada tahun 2015 mendatang.

Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Utara, Wagiman Silalahi, Rencananya, rumah pompa yang dibangun masing-masing akan dibekali dengan 2 unit pompa berkekuatan 0,5 meter kubik perdetik.

"Mudah-mudah dengan adanya pompa baru, wilayah Kelapa Gading terbebas dari genangan. Rencana dibangun 2015 mendatang," katanya, Senin (29/09/2014).

Dikatakan Wagiman, nantinya pompa-pompa tersebut akan mengalirkan air menuju Kali Sunter untuk dialirkan ke laut. Diperkirakan, pembangunan ketiga rumah pompa berikut pengadaan pompa akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 30 milyar.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sumber Daya Air Sudin PU Tata Air Jakarta Utara, Kuryatna Atmaja, menambahkan, genagang yang terjadi di wilayah Kelapa Gading beberapa waktu lalu  diakibatkan debet air yang datang dari wilayah Jakarta Timur, menyebabkan Kali Sunter melimpas ke wilayah Kelapa Gading.

 "Setelah kita cari akar permasalahannya, genangan terjadi akibat limpasan dari Kali Sunter. Makanya, selain normalisasi saluran juga akan dibangun beberapa rumah pompa baru. Untuk pengerjaan pengerukan sejumlah saluran di wilayah Kelapa Gading saat ini terus dikebut," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar