Jumat, 28 November 2014

HUT Kodam Jaya, TNI dan Warga Tanam Pohon Di Sunter Agung

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika dan Hari Ulang Tahun Kodam Jaya ke 65 tahun 2014, Bataliyon Arhanusdse 6 bersama aparat pemerintah, dan masyarakat, Jumat (28/11/2014), melaksanakan penanaman pohon di RW 10, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kegiatan bhakti sosial itu diikuti sangat antusias oleh masyarakat dan aparat pemerintah di wilayah Kecamatan Tanjung Priok.

Komandan  Bataliyon Arhanudse 6, Mayor Arh  Hadi Purwanto mengatakan, penanaman 1000 pohon di kawasan Sunter Agung ini diprakarsai oleh Arhanudse 6 ini melibatkan 60 Anggota TNI dari Arhanudse 6, Satpol PP, Sudin Pertamanan, pemerintah kelurahan dan kecamatan, serta masyarakat setempat.

Pohon yang ditanam pada hari ini adalah pohon produktif maupun pelindung. Jenis pohon tersebut diantaranya pohon  trembesi, pohon mahoni, serta pohon jambu, pohon rambutan, dan lain-lain.
Camat Tanjung Priok, Muhammad Efiskal, menambahkan, selain dilaksanakan kegiatan penanaman pohon, pada hari ini juga turut dimeriahkan oleh senam kesegaran jasmani (SKJ) serta kerja bakti bersama warga dan TNI dengan membersihkan punig-puing sisa bangunan liar yang pernah ditertibkan beberapa waktu termasuk sampah.

“Yang paling penting lewat kegiatan penanaman pohon, kita ingin tunjukkan bahwa kita serius menata lingkungan ini salah satunya melalui penghijauan,”kata Muhammad Effiskal.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jakarta Utara, Tri Kurniadi yang turut hadir dalam kesempatan itu meminta kepada seluruh lurah untuk mencatat setiap ada penanaman pohon walaupun satu pohon, baik itu dalam pot mapupun pohon yang ditanam  pada lahan pekarangan atau taman, ujarnya.

Dikesempatan itu juga, Tri Kurniadi juga turut menjelaskan, dengan giatnya tanam pohon di Jakarta Utara Pemerintah Kota Jakarta Utara akan menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada Sabtu  besok dalam rangka Program Penanaman Satu Milyar Pohon yang dicanangkan tahun 2010 lalu beberapa waktu lalu oleh Presiden SBY.

“Penganugerahan ini dirangkaikan pada acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tingkat Nasional, diselenggarakan di Desa Tempusari, Kecamatan Sidoarjo, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari Sabtu, 29 November 2014,”terang Tri Kurniadi.

Ditambahkan juga oleh Tri, sampai sekarang Hutan Kota Kemayoran dan Taman Suaka Kapuk Muara masih kami jaga, Taman Wisata Alam Kapuk di Pantai Indah Kapuk, Hutan Cilincing  dan saat ini Pemda sedang membangun  hutan kota di Rorotan kecamatan Cilincing.

“Walaupun lahan di Jakarta Utara didominasi sektor industri berat, namun komitmen Pemkot Jakarta Utara pada pelestarian lingkungan terus berjalan dan akan terus digiatkan dalam menanam pohon hingga ke lingkungan warga,”ujar Tri Kurniadi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar