Kamis, 25 Desember 2014

PNPM bekali warga dengan berbagai pelatihan

Jakarta-Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) P3KI di lima RW fokus Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Kelurahan Rawa Badak Utara.

Mengingat beberapa program kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun ini telah mampu membekali warga dengan berbagai keahlian dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang pada akhirnya meningkatan taraf hidup masyarakat.

Muhammad Yusuf, warga RT 07/09, Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, salah seorang peserta pelatihan sekuriti mengaku setelah mengikuti kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh PNPM P3KI, saat ini dirinya telah berhasil diterima kerja sebagai tenaga pengamanan di salah satu hotel di wilayah Jakarta.
"Saya bersama teman yang lain yang ikut pelatihan sekuriti bertempat di Cibubur, beberapa waktu lalu.  Setelah mendapatkan pembelajaran berharga tersebut, saya bisa berdaya saing atau mempunyai keahlian khusus untuk melamar pekerjaan.

Dalam kesempatan ini saya berharap agar program PNPM dapat terus berjalan, sehingga warga yang belum mendapatkan pekerjaan bisa ikut pelatihan, dan pada akhirnya bisa diterima kerja karena memiliki keahlian yang diminta oleh perusahaan dimana dia melamar pekerjaan,"ujar Muhammad Yusuf.

Senada juga diungkapkan oleh Sari, warga RT 12/09, Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, salah seorang peserta pelatihan menjahit. Sari menuturkan, dengan adanya pelatihan mejahit yang diikuti beberapa waktu, saat ini dirinya telah mempunyai keahlian untuk membuka usaha menjahit demi peningkatan pendapatan keluarga.

"Pelatihan ini sangat positif sekali, dan berharap kedepan program ini bisa terus dilaksanakan, sehingga banyak lagi masyarakat yang diberikan kesempatan untuk ikut pelatihan dan setelah itu bisa berwiraswasta,"ujar Sari.

Siti Aisyah, fasilitator sosial PNPM P3KI Kelurahan Rawa Badak Utara didampingi Muhammad Yani, Kordinator PNPM Kelurahan Rawa Badak Utara, menjelaskan, kegiatan PNPM P3KI untuk tahun ini di Kelurahan Rawa Badak Utara dilaksanakan untuk pelatihan sekuriti yang diikuti 14 orang, pelatihan tata rias yang diikuti 20 orang, pelatihan komputer diikuti 26 orang, dan kursus atau pelatihan menjahit yang diikuti 10 orang.

"Kegiatan atau pelatihan ini dilaksanakan semata-mata untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), dimana para peserta mendapatkan sertifikat. Diharapakan mereka yang ikut pelatihan ini bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk melamar pekerjaan atau berwiraswasta,"terang Siti Aisyah, Kamis (25/12/2014).                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar