Selasa, 24 Maret 2015

Geroboyokan Basmi Tikus Di Areal Persawahaan Di Rororotan

Jakarta-Puluhan petani bersama petugas dari Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Utara, membasmi tikus di area persawahan Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (24/3/2015). Pembasmian tikus dilakukan karena hewan ini kerap merusak padi yang ditanam para petani.

Lurah Rorotan, Berkah  Shadaya menuturkan metode pembasmian tikus dilakukan dengan metode pengasapan menggunakan belerang. 

“Dalam kegiatan ini petani dibantu aparat Sudin Pertenakan, Perikanan dan Ketahana Pangan menyisir lahan persawahan bersama-sama, lubang tikus yang terdapat di sejumlah lokasi dilakukan pengasapan menggunakan belerang Hasilnya, puluhan ekor tikus berhasil ditangkap,”tambah Berkah. 

Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Utara, Una Rusmana mengatakan banyaknya hama tikus ini dipengaruhi oleh perbedaan masa tanam padi. Hal ini membuat tikus mudah berkembang biak dilokasi yang tidak teraliri air. 

Lebih lanjut Una menambahkan kegiatan gerobyokan sudah dua kali dilakukan. Menurutnya, pola ini dinilai efektif mengatasi  hama tikus di lahan persawahan.

"Yang pertama pekan lalu ada 250 tikus. Kalau untuk sekarang sudah mulai berkurang sehingga yang kita basmi hanya 70 ekor," jelas Una.

Dari data yang ada 450 hektar area persawahan di Kelurahan Rorotan terserang hama tikus sejak Januari lalu. Akibatnya, petani merugi lantaran terjadi gagal panen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar