Jumat, 20 Maret 2015

Ketersedian Bahan Baku, Warga Harapkan Lahan Untuk Pembibitan

Jakarta-Puluhan kaum ibu dan remaja putri yang bermukim di Rusun Marunda Blok B, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara telah mendapatkan pelatihan cara membuat es Labu Kuning dari Kantor Pemberdayaan Masyarakat Perempuan (KPMP) Kota Jakarta Utara. 

Penjualan hasil produksi es Labu Kuning telah dipasarkan di sejumlah warung di Rusun Marunda maupun langsung di beli oleh warga Rusun Marunda. Dengan meningkatnya jumlah pemesanan  es Labu Kuning tersebut, tentu saja harus di sikapi dengan ketersedian bahan yang digunakan berupa Labu Kuning yang cukup untuk di buat sebagai es krim. 
“Saat ini, untuk mendapatkan bahan baku Labu Kuning, kami selaku pelaku usaha kecil  yang meproduksi es Labu Kuning, bahannya harus di beli di pasar tradisional yang letaknya tidak jauh dari Rusun Marunda. 

Kedepan, kedepan kami berenacana akan melaksanakan pembibitan Labu Kuning. Dengan adanya pembitan tersebut, diharapkan warga  bisa langsung memanen hasilnya, sekaligus mengajarkan warga cara bercocok tanam Labu Kuning,”kata Ny. Narsih, salah seorang pembuat Labu Kuning. 

Apa yang disampaikan oleh Ny. Narsih, juga diperkuat oleh Kepala Su Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan KPMP Jakarta Utara, Yuniastuti. Yuniastuti menuturkan, untuk mendukung ketersedian bahan produksi kami dalam hal ini telah berkirim surat kepada pihak Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI Jakarta  agar kiranya bisa menyiapkan lahan sebagai lokasi pembibitan Labu Kuning. 

“Kami telah berkirim surat kepada Dinas Perumahan dan Gedung terkait permintaan lahan sebagai lokasi pembibitan Labu Kuning. Mudah-mudahan segera mendapatkan jawaban,”kata Yuniastuti, di Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (20/03/2015). 

Lebih jauh Yuniastuti menuturkan, es Labu Kuning ini yang di produksi oleh warga Rusun Marunda Blok B tersebut aman dikonsumsi oleh siapa saja dan di jamin halal. 

“Kami menargetkan es Labu Kuning menjadi icon atau kebanggan warga Jakarta Utara. Untuk merealisasikan hal itu, maka kedepan kami juga akan memberikan pelatihan kepada warga Rusun Marunda dari Blok A dan B serta kepada semua warga Jakarta Utara yang tertarik ikut pelatihan tersebut,”ungkapnya.            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar