Kamis, 05 Maret 2015

Pasca Banjir, Cegah Penyakit DBD



Jakarta-Menghindari penyakit demam berdarah dengue (DBD), warga bersama aparat, kader jumatik dan anggota TP PKK melaksanakan kegiatan permberantasan sarang nyamuk (PSN) di RW 07, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. 

Kegiatan PSN dinilai paling efektif memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk aedes ageypti, penyebar DBD. 

“DBD sangat erat kaitannya dengan lingkungan dan perilaku masyarakat. Salah satu pencegahan penyakit ini adalah pengendalian faktor penyebab DBD yakni melaksanakan PSN dan giatkan kerja bakti,”kata Ketua TP PKK Kelurahan Tugu Utara, Ny. Ike Atika saat kegiatan PSN di RW 07, Tugu Utara, baru-baru ini. 

Menurut Ketua TP PKK Kelurahan Tugu Utara, ketujuh tatanan kehidupan yang menjadi prioritas tersebut yakni fasilitas kesehatan, tempat wisata, industri, fasilitas pendidikan, tempat olahraga, permukiman dan lokasi pembuatan makanan. 

“Makanya pencegahan demam berdarah, saat ini masih difokuskan di pemukiman. 

Dia berharap masyarakat khususnya di Tugu Utara, terus menggelar kerja bakti dan PSN secara berkesinambungan. 

“Cara ini salah satu upaya mendukung pemerintah dalam menciptakan Jakarta yang bersih,”ujarnya. 

Kerahkan Jumantik 

Lurah Tugu Utara, Nandang Hidayat, menambahkan dalam kegiatan ini pihaknya selain melibatkan aparat kelurahan juga mengerahkan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) serta warga sekitar dan keterlibatan pihak puskesmas dan dimonitor langsung pihak Kecamatan Koja. 

“Kami juga memberikan penyuluhan dan memeriksa tempat-tempat sarang nyamuk,”tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar